Senin, 06 April 2009

HMI MPO Jember

HMI MPO Jember

Oleh: Puguh Utomo

Kira-kira pada 2005 diadakan latihan kader (LK) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Majelis Penyelemat Organisasi (MPO) di Jember. LK tersebut mengawali keberadaan HMI MPO di Jember. Saat itu peserta yang ikut tidak lebih dari lima orang. Waktu itu LK diselenggarakan di sebuah masjid di kawasan kota Jember. LK yang dilaksanakan selama beberapa hari tersebut diisi oleh sejumlah kader HMI MPO dari Yogyakarta. Menurut seorang peserta LK, salah satu materi yang disampaikan, yakni tentang pemikiran dari buku berjudul Paradigma Islam yang ditulis oleh Kuntowijoyo.

Memang, HMI MPO Jember waktu itu masih berupa embrio untuk ukuran sebuah organisasi mahasiswa ekstra kampus (Ormek). Dengan kata lain, masuknya HMI MPO ke Jember masih penjajakan. Dan lagi, aktivis HMI MPO di Jember saat itu jumlahnya tidak lebih dari sepuluh orang. Proses masuknya HMI MPO ke Jember sendiri dimulai saat ada seorang aktivis yang mengikuti LK di Surabaya.

Meskipun demikian, HMI MPO sempat mengkoordinir sejumlah kegiatan. Saat itu beberapa aktivis tersebut sempat berinisiatif mengadakan diskusi, tetapi diskusi itu kurang persiapan yang matang sehingga diskusi tidak jadi dilaksanakan. Selain itu, sejumlah aktivis tersebut juga telah bergabung dengan Ormek lain untuk turut serta dalam unjuk rasa.

Puguh Utomo

Alumnus Program Studi Sosiologi

FISIP Universitas Jember

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar