1. Gejala sosial
dalam berbagai bentuknya, seperti konflik antar kampung, tawuran pelajar,
maupun tindakan anarkis lainnya dapat dijadikan obyek kajian ilmu sosiologi
sehingga diperoleh pemahaman yang benar tanpa dikaitkan dengan masalah sanksi
hukum. Prinsip tersebut menunjukkan, bahwa ilmu sosiologi mempunyai ciri ....
A. Legal
B. Teoritis
C. Ideal
D. Akumulatif
E. Non etis
2. Program
subsidi pendidikan harus tepat sasaran dan dapat dirasakan oleh
sebanyak-banyaknya warga masyarakat lapis bawah. Dalam menentukan target
sasaran program tersebut, para ahli ilmu sosiologi dapat dilibatkan karena
mereka mempunyai keahlian dalam menganalisis struktur sosial masyarakat. Dari
ilustrasi tersebut, ilmu sosiologi berguna untuk ....
A. Menyediakan
kebutuhan rakyat
B. Memberikan
data sosial yang akurat
C. Meningkatkan
pendapatan masyarakat
D. Mengembangkan
potensi ekonomi pedesaan
E.
Melaksanakan pembangunan berdasarkan program
3. Setiap hari
pasar tradisional di berbagai tempat sangat ramai
dikunjungi oleh masyarakat untuk keperluan kegiatan
jual beli barang kebutuhan sehari-hari. Kegiatan masyarakat tersebut didorong
dan didasari dengan nilai ....
A. Spiritual
B. Nominal
C. Material
D. Etika
E.
Vital
4. Tidak sedikit
orang-orang tua/dewasa, terutama mereka yang menjadi publik figur di bidang
seni sering berpenampilan dengan pakaian, sepatu, dan potongan rambut gaya anak
muda. Dari sisi normal sosial, gejala tersebut tidak bersesuaian dengan norma
....
A. Fashion
B. Folkways
C. Usage
D. Mores
E.
Custom
5. Setiap pagi
menjelang bel masuk, kepala sekolah menyambut kehadiran siswa di gerbang
sekolah sembari memeriksa kerapian siswa. Tindakan positif tersebut dilakukan
terus menerus. Terkait dnegan unsur keteraturan, tindakan pimpinan sekolah
tersebut merupakan ....
A. Keajegan perilaku
B. Pola perilaku
C. Struktur
sosial
D. Tatanan
sosial
E.
Social order
6. Ketika masih
balita, anak sudah dapat dilatih oleh ibunya untuk menirukan sejumlah kosa kata.
Ibunya memperdengarkan nama-nama atau sebutan untuk sesama anggota keluarga, lalu anak balitanya menirukan. Kegiatan sosialisasi tersebut berfungsi untuk
....
A. Menanamkan
nilai dan norma sosial
B. Mengembangkan
budaya nasional
C. Melatihkan
tata cara berinteraksi
D. Mengajarkan
pengetahuan sosial
E.
Menerima pola hidup sederhana
7. Setiap awal
semester, sekolah menyampaikan jadwal pelajaran kepada siswa dan guru agar
kegiatan belajar berlangsung sesuai dengan jadwal dan kalender pendidikan.
Sosialisasi tersebut bertujuan untuk menciptakan ....
A. Siswa yang
berprestasi
B. Kegiatan
belajar yang teratur
C. Sekolah yang
dikenal masyarakat
D. Prasarana
sekolah yang berkualitas
E.
Lulusan yang diterima di Universitas
8. Pelajar
dewasa ini mempunyai akses yang sangat terbuka untuk mendapatkan informasi dan
hiburan via media massa. Semua media massa dapat berpengaruh terhadap proses
pembentukan kepribadian remaja. Jenis dan materi media massa dapat dipilih
sendiri oleh para remaja. Dari gambaran tersebut dapat diketahui adanya
sosialisasi yang bersifat ....
A. Represif
B. Kolektif
C. Otoritatif
D. Partisipatif
E.
Diskriminatif
9. Masyarakat
nelayan di pantai utara Jawa berkerumun untuk menyambut kedatangan pejabat yang memiliki program pembangunan untuk meningkatkan
kesejahteraan masyarakat nelayan secara nyata. Perilaku masyarakat tersebut
dipengaruhi dan didorong oleh faktor ....
A. Imitasi
B. Empati
C. Simpati
D. Sugesti
E.
Identifikasi
10. Pelaksanaan
Pemilukada yang kurang transparan, seringkali memicu munculnya pertikaian
antara kelompok pendukung kandidat yang menang dan yang kalah. Sebagai proses
interaksi sosial, pertikaian tersebut tergolong disosiatif karena mengakibatkan
terjadinya ....
A. Kerugian
harta benda
B. Persaingan
partai politik
C. Kepentingan
politik uang
D. Kerukunan
sosial berkurang
E.
Kerusakan fasilitas milik negara
11. Komo terbiasa
hidup tidak teratur dan suka begadang karena sejak kecil banyak bermain dengan
anak-anak yang tidak mau sekolah. Komo menjadi anak yang putus sekolah SD
disebabkan tekanan dari teman bermainnya. Sosialisasi yang dialami Komo
tergolong tidak berhasil sebagai akibat dari kesalahan ....
A. Media massa
B. Proses
pergaulan
C. Pola hidup
bersama
D. Sub-budaya
kelompok
E.
Kebudayaan masyarakat
12. Di sekolah
yang terkenal disiplin dan berprestasi, setiap siswa yang sudah melampaui poin pelanggaran dikenai sanksi dengan cara dikembalikan ke
orang tua. Kenyataan tersebut merupakan contoh nyata dari penyimpangan ....
A. Sekunder
B. Individual
C. Komunal
D. Kriminal
E.
Primer
13. Dari segi
moral, semua warga harus waspada dan berani mencegah ketika melihat individu
yang akan melakukan gangguan kamtibmas. Tanggungjawab preventif dalam mengendalikan
penyimpangan sosial tersebut berfungsi untuk ....
A. Membuat tata
tertib/social order
B. Mencegah
perilaku menyimpang
C. Memberikan
hukuman bagi pelaku
D. Melaporkan
kepada pihak berwajib
E.
Menegur individu yang menyimpang
14. Masyarakat
yang masih tradisional belum secara terbuka dalam menyikapi penyimpangan sosial di daerahnya. Mereka sering
menghembuskan gosip ketika terjadi penyimpangan yang dilakukan oleh warganya.
Oleh sebab itu, cara pengendalian tersebut tergolong bersifat ....
A. Preventif
koersif
B. Preventif
persuasif
C. Represif
koersif
D. Represif
persuasif
E.
Formal akumulatif
15. Dalam
komunitas pinggiran (orang-orang marjinal), sering kali terjadi tindakan membuang
sampah bukan pada tempatnya karena minimnya kesadaran tentang sanitasi. Dalam
kondisi tersebut, maka lembaga yang sangat berperan untuk mengendalikan
penyimpangan sosial tersebut adalah ....
A. Kepolisian
negara
B. Lembaga
pendidikan
C. Jaksa dan
para hakim
D. Para tokoh
setempat
E.
Pemuka adat istiadat
16. Perhatikan
pelapisan sosial industri berikut!
Faktor yang membedakan strata sosial pada gambar tersebut adalah ....
Faktor yang membedakan strata sosial pada gambar tersebut adalah ....
A. Tingkat
jabatan
B. Asal
keturunan
C. Jumlah modal
D. E. Pendidikan
E.
Status sosial
17. Masyarakat
Indonesia yang heterogen dapat dilihat dengan adanya kelompok bangsa yang
berbeda-beda namun mempunyai kesamaan kedudukan di masyarakat. Mereka mempunyai
hak dan kewajiban sama sehingga membentuk struktur sosial yang bersifat ....
A. Terbuka
B. Tertutup
C. Mendatar
D. Hirarkhis
E.
Campuran
18. Setelah
terjadi aksi demo besar-besaran, pemerintah mengubah besaran upah para pekerja
dengan menyetujui peningkatan UMP (Upah Minimum Provinsi). Perubahan kebijakan
tersebut sebagai respons terhadap tuntutan kaum pekerja. Deskripsi tersebut
merupakan contoh bahwa konflik sosial dapat menimbulkan dampak positif dalam
bentuk ....
A. Menguatkan
interaksi sosial
B. Meningkatnya
status sosial
C. Berubahnya
pendirian
D. Bergesernya
nilai tradisi
E.
Masuknya budaya baru
19. Perdebatan
sengit terjadi antara pembela tersangka tindak korupsi dengan tim penggerak antikorupsi. Setelah Hakim memutus
dengan ketetapan yang pasti, perdebatan berakhir dan keputusan diterima semua
pihak. Proses penyelesaian konflik tersebut merupakan akomodasi dalam bentuk
....
A. Toleransi
B. Konversi
C. Mediasi
D. Adjudikasi
E.
Arbitrasi
20. Setiap
berganti musim, para pekerja informal berganti pekerjaan. Pekerja bangunan di
musim kemarau misalnya, ketika tiba musim hujan mereka mengerjakan
sawah sebagai petani. Karena tidak mengalami perubahan tingkat
kesejahteraannya. Gejala sosial tersebut dinamakan mobilitas ....
A. Vertikal
turun
B. Vertikal naik
C. Penduduk
D. Horizontal
E.
Geografis
21. Fasilitas
pendidikan yang dibangun di daerah terpencil sering kali tidak dimanfaatkan
oleh masyarakat karena mereka terbiasa dengan kebiasaan hidup tanpa harus
bersekolah. Umumnya mereka hidup sederhana dan tidak banyak mengalami
perubahan. Akibat dari kondisi tersebut, maka mobilitas sosial mereka sangat
terbatas karena faktor ....
A. Tingkat
kedudukan
B. Pendidikan
rendah
C. Keterbatasan
lahan
D. Keadaan
ekonomi
E.
Sosialisasi rendah
22. Karena
memiliki bakat seni yang tinggi, tidak sedikit pengamen yang berhasil meraih
sukses menjadi musisi terkenal dan berpenghasilan tinggi setelah diorbitkan oleh
pemilik industri musik. Mereka dapat mengalami mobilitas sosial secara vertikal
naik melalui saluran ....
A. Lembaga
pendidikan
B. Lembaga
ekonomi
C. Organisasi
politik
D. Organisasi
keahlian
E.
Organisasi sosial
23. Para pedagang
di pasar-pasar modern berasal dari latar belakang sosial yang berbeda-beda.
Mereka dapat hidup berdampingan secara rukun karena adanya ikatan solidaritas
sosial dalam bentuk ....
A. Lokasi/tempat
B. Asal-usul
daerah
C. Keadaan
ekonomi
D. Faktor keturunan
E.
Kebutuhan hidup
24. Perhatikan
gejala sosial berikut!
(1) Terjadi
segmentasi dalam banyak sub-kelompok
(2) Memiliki
sub-kebudayaan yang sangat beragam
(3) Mengembangkan
konsensus bersama yang kuat
(4) Integrasi
nasional berdasarkan ideologi non-formal
Yang menjadi ciri masyarakat
multikultural adalah ....
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E.
3 dan 4
25. Sebuah
struktur sosial majemuk masyarakat perkotaan:
Struktur
interseksi pada gambar tersebut terjadi karena muncul solidaritas berdasarkan
....
A. Pekerjaan
pokok
B. Ajaran agama
C. Politik
formal
D. Suku bangsa
E.
Ciri ras
26. Indonesia sebagai negara agraris, mayoritas penduduk daerah
pegunungan bermata pencaharian berladang. Sedangkan penduduk daerah pantai
bermata pencaharian nelayan. Berdasarkan kenyataan tersebut dapat disimpulkan
bahwa kemajemukan mata pencaharian dipengaruhi oleh ....
A. Luas wilayah
yang berbeda
B. Pengetahuan
masyrakat berbeda
C. Ikim dan
lingkungan ekologis yang berbeda
D. Pengaruh
kebudayaan asing yang tidak sama
E.
Keadaan geografis wilayah Indonesia
27. Perhatikan
interaksi sosial berikut ini!
(1) Anno menikahi
Vero karena kesamaan asal daerah
(2) Pak Sarno
masuk partai politik sesuai agama yang dianut
(3) Andini memainkan musik etnis lokal berkolaborasi dengan musik asing
(4) Tira dan Lena
belajar kelompok bersama meskipun mereka
berbeda agama
Pernyataan yang
mendasari primordialisme adalah ....
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E.
3 dan 4
28. Sikap
bersedia menampung aspirasi dan pendapat dari orang-orang yang berbeda agama maupun suku sangat diperlukan dalam masyarakat
majemuk/multikultural agar kesatuan tetap terpelihara. Prinsip dalam kondisi multikltural
tersebut dinamakan ....
A. Toleran
B. Akomodatif
C. Eksklusif
D. Antipatif
E.
Ekstrem
29. Penggunaan
peralatan modern dalam kegiatan industri merupakan salah satu cara
meningkatkan produktifitas dan
efisiensi. Perlu dimengerti, teknologi modern juga berdampak secara ekonomis
maupun psikologis ke bidang lain. Hal ini tergolong perubahan sosial ....
A. Besar
B. Lambat
C. Direncanakan
D. Dikehendaki
E.
Tidak dikehendaki
30. Kemajuan
teknologi informasi dan komunikasi di zaman sekarang memberikan kemudahan atau
fasilitas bagi masyarakat untuk mendapatkan berbagai sumber pengetahuan dan
teknologi baru. Kenyataan tersebut merupakan dampak positif dari ....
A. Urbanisasi
B. Globalisasi
C. Modernisasi
D. Demokratisasi
E.
Industrialisasi
31. Industri
modern mampu menciptakan berbagai fasilitas yang serba praktis dan otomatis
sehingga kehidupan masyarakat semakin nyaman. Di sisi lain, sebagian masyarakat
hanya mengkonsumsi semua produk industri modern. Mereka tidak produktif
sehingga memunculkan masalah baru. Perilaku konsumtif tersebut merupakan gejala
....
A. Materialisme
B. Sekularisme
C. Liberalisme
D. Permisivisme
E.
Konsumerisme
32. Perhatikan
beberapa fakta sosial berikut ini!
(1) Penemuan
cara/teknik kerja baru
(2) Pertentangan
sosial dalam masyarakat
(3) Perubahan
lingkungan alam sekitar masyarakat
(4) Pengaruh dari
kontak dengan budaya masyarakat lain
Yang termasuk
faktor intern penyebab perubahan sosial adalah ....
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 1 dan 3
E.
2 dan 4
33. Berbeda
dengan penduduk pedalaman dan pegunungan, masyarakat di daerah pesisir lebih
cepat mengalami dinamika perubahan/perkembangan sosial karena banyak
berinteraksi dengan dunia luar. Faktor yang mendorong terjadinya perubahan
sosial tersebut adalah ....
A. Jumlah
penduduk
B. Penemuan
teknologi
C. Kekayaan alam
D. Pertambahan
penduduk
E.
Unsur budaya luar
34. Institusi
atau lembaga sosial tidak lain merupakan norma khusus yang berfungsi bagi
masyarakat untuk mengatur aktifitas dalam memenuhi
kebutuhan hidup. Pada dasarnya, fungsi lembaga sosial berhubungan dengan ....
A. Kedudukan
sosial
B. Kesejahteraan
sosial
C. Kegiatan
masyarakat
D. Kebutuhan
hidup
E.
Pengendalian sosial
35. Beberapa
fakta sosial berikut!
(1) Mudah berubah
sesuai perkembangan zaman
(2) Memiliki
tradisi yang tertulis dan tidak tertulis
(3) Bertahan
hidup dalam waktu lama (tidak hilang)
(4) Berfungsi
terbatas untuk beberapa individu tertentu
Yang
merupakan ciri lembaga sosial adalah ....
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 1 dan 3
E.
2 dan 4
36. Karena pengaruh
kehidupan konsumtif dan hedonis, orang tua perlu menjaga putra-putrinya agar
tidak terlibat gaya hidup liberal yang hanya mengejar kebebasan dan kemewahan.
Realitas sosial tersebut menuntut tanggung jawab dan peran orang tua dalam
menjalankan fungsi ....
A. Sosialisasi
B. Ekonomi
C. Proteksi
D. Reproduksi
E.
Afeksi
37. Data
menunjukkan, bahwa para elit politik maupun ekonomi mempunyai latar belakang
pendidikan tinggi. Hanya individu yang sukses dalam belajarlah yang memiliki
kemudahan untuk menduduki strata atas dalam masyarakat. Hal itu sesuai dengan
fungsi lembaga pendidikan untuk ....
A. Meningkatkan
kualitas manusia
B. Melestarikan
budaya bangsa
C. Mengembangkan
masyarakat
D. Menjaga
kesatuan nasional
E.
Memberikan ketrampilan
38. Pemerintah
terus mengundang investor asing agar membangun banyak pabrik untuk mendorong
laju pertumbuhan ekonomi industri dalam negeri. Terkait dengan pemenuhan
kebutuhan hidup, fungsi lembaga ekonomi industri adalah ....
A. Memenuhi
kebutuhan hidup yang hakiki
B. Meningkatkan
keteraturan hidup bersama
C. Menciptakan
keseimbangan lahir dan batin
D. Mengatur
kegiatan dalam mencapai kemakmuran
E.
Membangun kehidupan sosial yang aman dan
damai
39. Didorong
semangat membuktikan kebenaran teori sosiologi tentang vested interest, siswa
IPS melakukan penelitian empiris dengan judul: Hubungan antara Perubahan Sosial
dengan Vested Interest dalam Komunitas Kampus. Berdasar fungsi dan tujuannya,
jenis penelitian tersebut adalah ....
A. Komparatif
B. Kualitatif
C. Korelatif
D. Eksploratif
E.
Verifikatif
40. Kehidupan
masyarakat tradisional yang bersifat unik banyak diteliti oleh para
anthropolog. Ketika melakukan pengumpulan data, para anthropolog banyak
menggunakan teknik observasi partisipasi dan wawancara sehingga mendapatkan data yang banyak dan lengkap.
Data yang diperoleh dideskripsikan secara tekstual. Pendekatan penelitian
tersebut bersifat ....
A. Statistik
B. Kualitatif
C. Edukatif
D. Kuantitatif
E.
Sistematis
41. Perhatikan
pernyataan berikut!
(1) Berbentuk
pertanyaan berurutan
(2) Sangat
menarik minat untuk dikaji
(3) Memerlukan
sampel dan populasi
(4) Memiliki
kegunaan praktis dan teoritis
Yang termasuk syarat topik penelitian
adalah ....
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 1 dan 3
E.
2 dan 4
42. Sebuah judul
penelitian sederhana berbunyi: Peran Pengurus OSIS bagi Penegakan Tata Tertib
Siswa SMA/MA Sukabumi, Jawa Barat. Dalam judul tersebut yang merupakan variabel
bebas dalam penelitian adalah ....
A. Siswa SMA/MA
B. Peran
pengurus OSIS
C. Perilaku para
siswa
D. Prestasi
belajar siswa
E.
Lembaga pendidikan
43. Seorang gubernur mengunjungi pasar-pasar
tradisonal untuk mendapatkan data dan informasi secara langsung dari para
pedagang maupun pembeli bahan kebutuhan sehari-hari. Data yang diperoleh dengan
cara kunjungan tersebut tergolong jenis ....
A. Sekunder
B. Kualitatif
C. Primer
D. Eksternal
E.
Internal
44. Dalam rangka
verifikasi partai calon peserta Pemilu, tim KPU meminta data dan informasi dari
pengurus inti partai politik (ketua, sekretaris, bendahara) yang mewakili
organisasi politiknya. Teknik pengambilan sampel yang memperhatikan perbedaan (jumlah)
partai politik tersebut adalah ....
A. Area sampling
B. Random
sampling
C. Cluster
sampling
D. Stratified
sampling
E.
Purposive sampling
45. Dengan cara
home visit, seorang guru BK mendatangi rumah beberapa siswa yang sering
terlambat. Guru BK membawa daftar cek permasalahan yang perlu dicari keterangan
dan informasinya dari wali murid. Fungsi daftar cek (lembar observasi) tersebut
sebagai instrumen untuk ....
A. Mengolah data
dalam bentuk tabel
B. Menyusun
rancangan studi lapangan
C. Meningkatkan
studi kepustakaan
D. Mengumpulkan
data dengan sistematis
E.
Melangsungkan wawancara terstruktur
46. Beberapa
teknik pengumpulan data:
(1) Peneliti
harus bertatap muka dengan sumber data
(2) Mendapatkan
data/informasi individu secara lengkap
(3) Waktu, biaya,
dan tenaga yang diperlukan relatif sedikit
(4) Data yang
diperoleh mudah dianalisis secara statistik
Yang
merupakan keunggulan metode kuesioner adalah ....
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 1 dan 3
D. 2 dan 4
E.
3 dan 4
47. Data yang
masih mentah dari lapangan harus dirapikan dan disusun dalam bentuk tabel
frekuensi sehingga sistematis dan ringkas. Jika data dalam tabel tersebut
berbentuk nominal (kategoris), maka langkah analisis selanjutnya yang harus
dilakukan peneliti adalah ....
A. Menyusun data
B. Menghitung
persen
C. Memeriksa
data
D. Membandingkan
data
E.
Melengkapi data
48. Perhatikan tabel
Pertumbuhan Kredit berikut!
Tahun
|
Volume
|
Persentase
|
2007
|
1.002.01
|
26.5
|
2008
|
1.307.69
|
30.5
|
2009
|
1.437.93
|
10.0
|
2010
|
1.785.85
|
22.8
|
2011
|
2.200.09
|
24.6
|
Berdasarkan data tersebut (Koran 7
Januari 2013) diperoleh informasi, bahwa pemberian kredit mengalami peningkatan
terbesar pada tahun ....
A. 2007
B. 2008
C. 2009
D. 2010
E.
2011
49. Semua
aktivitas penelitian dan hasilnya harus disusun dalam bentuk laporan tertulis.
Bentuk laporan penelitian tersebut mengikuti ketentuan baku dengan kerangka
sistematika sebagai karya tulis ilmiah. Dalam garis besarnya, bagian dari
laporan yang menguraikan teori para ahli yang dijadikan acuan penelitian
dinamakan ....
A. Bab landasan
teori
B. Kata
pendahuluan
C. Perumusan
masalah
D. Metodologi
penelitian
E.
Kesimpulan dan saran
50. Hasil
penelitian mutakhir banyak disajikan secara tertulis dalam bentuk jurnal
(majalah ilmiah). Manfaat atau kegunaan laporan penelitian tersebut adalah
memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk ....
A. Meningkatkan
pendapatan keluarga
B. Membangun
lingkungan hidup
C. Mengetahui
hasil/temuan baru
D. Mengembangkan
bakat anak
E.
Melaksanakan teori ilmiah